Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Bhinneka Tunggal Ika

Well, siapa sih yang ga tau artinya Bhinneka Tunggal Ika? Dari jaman masih bocah SD juga kita udah diajarkan di dalam pelajaran PPKn (jaman SD gue dulu masih itu,klo sekarang udah ganti jadi PKn).

Eits, tapi jangan salah, gue iseng bertanya apa arti "Bhinneka Tunggal Ika" pada seorang anak yang masih duduk di bangku SMP, trus dia menjawab ragu-ragu, "hmm,bersatu kita teguh,bercerai kita runtuh." @*!?#?!

Oh my god, sedih bener dengernya. Gue ngebayangin gimana jadinya negeri ini nanti kalo anak-anak jaman sekarang yang jadi penerus bangsa lebih ngerti kata lebay dan alay daripada arti semboyan negaranya -_-*. Apakah lama-kelamaan itu cuma bakal jadi suatu tulisan yang ada di pita bawah kaki garuda pancasila ? Hadoh,jangan sampe deh!

Oke, untuk menghindari dan mencegah hal itu maka gue coba tulis di media dunia maya karena gue yakin anak jaman sekarang itu kebanyakan udah males yang namanya buka buku dan lebih suka buka profil di jejaring sosial.

ehem,kalo menurut yang gue pelajari, singkatnya Bhinneka Tunggal Ika itu uh bermakna walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu, satu bangsa . Yup, bangsa Indonesia.

Nah, kebhinneka-tunggal-ikaan itulah yang udah menjadi sumber pedoman persatuan negara kita selama bertahun-tahun.

Hebatkan negeri kita ini, padahal yang termasuk perbedaan diantara kita itu banyak banget loh! Meliputi suku, ras, agama & kepercayaan, etnis, asal-usul, keturunan, warna kulit , kedudukan, status sosial, maupun status ekonomi .

Lebih hebat lagi kalo kita bukan hanya sekedar tau arti semboyan kita itu, tapi juga mengamalkannya dengan tindakan nyata. Wah, pasti negeri kita bakal jadi negeri paling nyaman seantero jagat raya deh. Hehehe...

Benarkan, guys ?

by : Dian Negara Fajaryani

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Artikelnya Bagus banget Non...
Salam kenal :
Blog Nano Yulianto

Dian Negara F. mengatakan...

makasih ya :))

Posting Komentar